SARANA DAN PRASARANA PARIWISATA.
Sarana dan prasarana pariwisata
seperti apa yang dapat memuaskan wisatawan?
Setiap pengunjung di lokasi wisata pasti menginginkan sebuah pelayanan
yang memuaskan, tapi untuk mewujudkannya, itu memerlukan sebuah perencanaan
yang benar-benar matang juga penanganan yang serius. Berikut prasarana yang dibutuhkan di tempat
wisata agar pengunjung merasa puas :
1. Akses jalan
Baik
darat, air, maupun udara. Hendaknya mempunyai fasilitas yang memadai. Mulai
dari kendaraannya serta akses jalan yang dilalui, serta pelayanan yang
diberikan dari pihak transportasi itu sendiri.
2. Komunikasi
Jaringan
komunikasi merupakan prasarana yang juga penting.
3. Listrik
Listrik
merupakan hal pokok. Jika tidak ada energy ini maka kita seakan seperti kembali
ke peradaban tempo dulu.
4. Prasarana
Kebersihan
Begitu
banyak daerah wisata yang mengabaikan yang satu ini, kebersihan merupakan salah
satu yang juga penting. Karena itu kebersihan juga harus dijaga, lebih baik
lagi ada organisasi tersendiri yang mengurusi di bidang ini.
5. Prasarana
kesehatan
Adanya
rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lain.
6. Akses
perbankan
Merupakan
jalur untuk bertransaksi.
7. Akses
pengairan
Air
bersih juga penting untuk minum, mandi, dan aktifitas lain.
8. Keamanan
Adanya
petugas keamanan baik Polisi juga pemadam kebakaran, dll.
9. Pendidikan
Adanya
sekolah sebagai pusat pendidikan.
10. Hiburan dan
fasilitas umum
Adanya
tempat hiburan seperti café. Juga terdapat fasilitas umum seperti WC umum, telepon
umum, dll.
Sedangkan sarana yang dibutuhkan:
1. Penginapan
Adanya
hotel dengan pelayanan yang baik dan nyaman.
2. Transportasi
Alat
transportasi yang aman dan nyaman.
3. Restoran dan
tempat hiburan
Tempat
makan yang nyaman dan memiliki cita rasa yang khas. Yang tidak hanya berasal
dari daerah wisata juga mancanegara, sehingga mempunyai banyak pilihan untuk
para wisatawan. Juga tempat hiburan seperti café, bar.
4. Agen
perjalanan
Biro
perjalanan yang benar-benar berkualitas yang memberikan pelayanan yang maksimal
pada wisatawan.
5. Toko souvenir
Ini
merupakan tempat yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang
ingin membeli oleh-oleh. Sehingga harus memiliki suatu ciri khas yang
melambangkan tempat wisata tersebut. Misalnya Malioboro di Yogyakarta, yang
penuh dengan batik yang merupakan khas daerah tersebut.
ORGANISASI
KEPARIWISATAAN
Organisasi
kepariwisataan merupakan badan yang mengontrol segala kebijakan dalam lingkup
kepariwisataan. Organisasi ini diperlukan karena sebagai pengontrol kinerja
tiap daerah pariwisata. Tanpa pengontrol, maka tiap daerah pariwisata layaknya
sebuah mobil yang berjalan tanpa seorang sopir. Yang tentunya tidak akan
terorganisir dengan baik dan tidak jelas sistemnya.
Dengan
adanya sebuah organisasi, maka sistem kinerja sebuah daerah wisata akan jelas.
Dan juga adanya sebuah keseragaman di tiap daerah, juga meminimalisir
terjadinya kecurangan karena terdapat sebuah aturan dalam organisasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar