Powered By Blogger

Sarpras Pariwisata dan Organisasi Pariwisata


SARANA DAN PRASARANA PARIWISATA.
          Sarana dan prasarana pariwisata seperti apa yang dapat memuaskan wisatawan?  Setiap pengunjung di lokasi wisata pasti menginginkan sebuah pelayanan yang memuaskan, tapi untuk mewujudkannya, itu memerlukan sebuah perencanaan yang benar-benar matang juga penanganan yang serius. Berikut prasarana yang dibutuhkan di tempat wisata agar pengunjung merasa puas :
1.   Akses jalan
Baik darat, air, maupun udara. Hendaknya mempunyai fasilitas yang memadai. Mulai dari kendaraannya serta akses jalan yang dilalui, serta pelayanan yang diberikan dari pihak transportasi itu sendiri.
2.   Komunikasi
Jaringan komunikasi merupakan prasarana yang juga penting.
3.   Listrik
Listrik merupakan hal pokok. Jika tidak ada energy ini maka kita seakan seperti kembali ke peradaban tempo dulu.
4.   Prasarana Kebersihan
Begitu banyak daerah wisata yang mengabaikan yang satu ini, kebersihan merupakan salah satu yang juga penting. Karena itu kebersihan juga harus dijaga, lebih baik lagi ada organisasi tersendiri yang mengurusi di bidang ini.
5.   Prasarana kesehatan
Adanya rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lain.
6.   Akses perbankan
Merupakan jalur untuk bertransaksi.
7.   Akses pengairan
Air bersih juga penting untuk minum, mandi, dan aktifitas lain.
8.   Keamanan
Adanya petugas keamanan baik Polisi juga pemadam kebakaran, dll.
9.   Pendidikan
Adanya sekolah sebagai pusat pendidikan.
10.  Hiburan dan fasilitas umum
Adanya tempat hiburan seperti café. Juga terdapat fasilitas umum seperti WC umum, telepon umum, dll.

Sedangkan sarana yang dibutuhkan:
1.   Penginapan
Adanya hotel dengan pelayanan yang baik dan nyaman.
2.   Transportasi
Alat transportasi yang aman dan nyaman.
3.   Restoran dan tempat hiburan
Tempat makan yang nyaman dan memiliki cita rasa yang khas. Yang tidak hanya berasal dari daerah wisata juga mancanegara, sehingga mempunyai banyak pilihan untuk para wisatawan. Juga tempat hiburan seperti café, bar.
4.   Agen perjalanan
Biro perjalanan yang benar-benar berkualitas yang memberikan pelayanan yang maksimal pada wisatawan.
5.   Toko souvenir
Ini merupakan tempat yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh. Sehingga harus memiliki suatu ciri khas yang melambangkan tempat wisata tersebut. Misalnya Malioboro di Yogyakarta, yang penuh dengan batik yang merupakan khas daerah tersebut.



ORGANISASI KEPARIWISATAAN
          Organisasi kepariwisataan merupakan badan yang mengontrol segala kebijakan dalam lingkup kepariwisataan. Organisasi ini diperlukan karena sebagai pengontrol kinerja tiap daerah pariwisata. Tanpa pengontrol, maka tiap daerah pariwisata layaknya sebuah mobil yang berjalan tanpa seorang sopir. Yang tentunya tidak akan terorganisir dengan baik dan tidak jelas sistemnya.
          Dengan adanya sebuah organisasi, maka sistem kinerja sebuah daerah wisata akan jelas. Dan juga adanya sebuah keseragaman di tiap daerah, juga meminimalisir terjadinya kecurangan karena terdapat sebuah aturan dalam organisasi tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar