Powered By Blogger

Apa itu "Keindahan"?


Menurut Wikipedia
Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok.
Menurut Plato
Pemahaman Plato tentang keindahan yang dipengaruhi pemahamannya tentang dunia indrawi, yang terdapat dalam Philebus. Plato berpendapat bahwa keindahan yang sesungguhnya terletak pada dunia ide. Ia berpendapat bahwa kesederhanaan adalah ciri khas dari keindahan, baik dalam alam semesta maupun dalam karya seni.  Namun, tetap saja, keindahan yang ada di dalam alam semesta ini hanyalah keindahan semu dan merupakan keindahan pada tingkatan yang lebih rendah.

          Menurut saya, Keindahan adalah suatu keadaan, situasi / sifat dari suatu benda atau pemandangan yang membuat orang kagum hanya dalam sekali pandang. Penilaian taraf keindahan sesuatu apapun itu tergantung dari seseorang yang melihatnya, karena selera masing-masing orang berbeda. Apabila seseorang melihat sesuatu tentang keindahan maka akan dapat membuat perasaan seseorang menjadi tenang, nyaman dan damai. Keindahan dapat berupa pemandangan alam (pegunungan, air terjun, pantai, wisata hewan), karya seni (lukisan, ukiran, puisi, kaligrafi,tarian, nyanyian), sifat orang (baik-jahat, sombong-dermawan)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar