Powered By Blogger

TUGAS JURNALISTIK (INVESTIGASI)



INVESTIGASI
PENYAKIT DIABETES MELITUS
            Diabetes mellitus merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada tubuh seseorang yaitu mengalami gangguan dalam mengendalikan kadar glukosa darah, yang mengakibatkan kadar glukosa dalam tubuh meningkat tak terkendali.
            Penyakit ini dikelompokan menjadi 2 tipe yaitu Diabetes mellitus tergantung insulin (DM tipe-1) dan Diabetes mellitus tidak tergantung insulin (DM tipe-2).
            Factor keturunan juga salah satu penyebab dari penyakit ini, maka bagi seseorang yang keluarganya memiliki riwayat penyakit ini, diharapkan untuk menjaga kesehatan sebagai upaya pencegahan, yaitu dengan mengontrol makanan apa saja yang kita makan dan makanan yang bergizi.
            Gejala-gejala yang menonjol dari penyakit ini adalah:
  • Berat badan menurun drastis
  • ·         Sering kencing
  • ·         Apabila terluka, proses penyembuhannya lama
  • ·         Cepat lelah
  • ·         Sering kesemutan
  • ·         Dan penyakit ini lama kelamaan akan mempengaruhi daya penglihatan
Ayah saya adalah seorang penderita penyakit Diabetes Melitus. Sampai sekarang, belum ada obat medis yang mampu secara total mengobati penyakit ini.
Untuk menekan tingkat gula darah pada tubuh, kita harus mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu mengandung banyak kadar gula seperti buah apel,alpukat, jeruk, tapi jangan mengkonsumsi buah seperti sirsak, mangga, pisang, durian, nangka karena buah-buah tersebut memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Makanan dengan karbohidrat sederhana seperti nasi, dianjurkan lebih baik untuk mengkonsumsi makanan seperti gandum dan beras merah. Hindari makanan instan. Perbanyak olahraga juga salah satu hal yang baik bagi para penderita penyakit ini.
Ada beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan kadar gula. Salah satunya adalah buncis. Sayuran sangat bermanfaat bagi para penderita Diabetes mellitus, konsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. Zat dalam buncis yang sangat berperan dalam pencegahan dan pengobatan Diabetes Mellitus adalah B-Sitosterol dan Stigmasterol. Dengan bantuan kedua zat inilah pankreas dapat terangsang untuk memproduksi insulin. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa B-sitosterol dan Stigmasterol hanya berperan untuk merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin tanpa menyebabkan terjadinya Hipoglemik, yaitu suatu keadaan dimana tingkat gula dalam darah berada pada keadaan dibawah kadar normal. Dengan demikian, pemakaian buncis ini aman bagi tubuh. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya penderita diabetes mellitus mengkonsumsi buncis tiga kali sehari dengan takaran kurang lebih 250 gram tiap kali minum. Dan yang harus diperhatikan adalah pengkonsumsian buncis ini haruslah teratur, sehingga hasil yang dicapai tidak mengecewakan. Selain itu pola makan tetap harus dijaga agar khasiat buncis dapat benar – benar terasa.

Selain buncis, obat herbal yang bisa membantu menurunkan kadar gula adalah bunga rosella, kulit manggis, dan daun sirsak.
kulit manggis & daun sirsak
bunga rosella

Tidak ada komentar:

Posting Komentar