Powered By Blogger

Kerajinan Tangan Yang Cantik


          Kerajinan tangan merupakan sebuah karya yang memiliki daya tarik tersendiri. Dalam sebuah kerajinan tangan terkandung unsur kreatifitas seseorang yang tersusun dalam setiap elemennya. Mulai dari kerajinan tangan yang berbahan dasar plastik, kerang, kaca ataupun rotan. Baik itu baru atau barang bekas.
          Hasil kerajinan tangan mengandung nilai seni yang sangat tinggi.  Mulai dari proses pembuatan yang memakan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan jika memiliki tingkat kesulitan atau detail yang sulit. Sehingga, tidak heran jika harganya terkadang melambung tinggi.
Banyak para pengusaha kerajinan tangan yang memasarkan produknya hingga ke mancanegara. Para wisatawan juga salah satu target pemasaran yang sering dituju. Para pengusaha kerajinan tangan biasanya membuka ruko atau toko-toko nya di daerah pariwisata yang tentunya banyak dikunjungi para wisatawan. Kerajinan tangan ini biasanya dibeli sebagai cinderamata untuk sanak saudara atau teman di daerah atau Negara asal para wisatawan.
Di kota Jogja misalnya, di sepanjang jalan Malioboro, banyak terdapat lapak-lapak kerajinan tangan. Malioboro merupakan pusatnya penjualan souvenir di kota Jogja. Kerajinan tangan dari yang berbahan baku bambu, kaca, bahkan kain batik yang merupakan ciri khas daerah tersebut. Mulai dari gantungan kunci hingga miniatur candi yang cantik, semua merupakan hasil kerajinan tangan para seniman. Masih banyak jenis kerajinan tangan yang di pajang di sepanjang jalan tersebut.
Kerajinan tangan kebanyakan dari bahan yang sudah tidak dipakai atau bahan sampah. Kemudian sampah-sampah tersebut diolah sedemikian rupa oleh para seniman yang memang memiliki daya kreatifitas yang tinggi, hingga menghasilkan sebuah karya yang indah. Maka tidak heran jika harganya melambung tinggi. Bukan karena bahan bakunya, tetapi karena kreatifitas yang ada di dalamnya.


1 komentar:

  1. MBAK UTK KERAJINANNYA AKU POSTING JUGA YA DI WEB AKU BIAR KARYA MBAK LEBIH DI KENAL KE RELASIKU JUGA. www.handycraft.web.id
    ini email ku dendy_winanto@yahoo.com

    BalasHapus